PTI Perangkat Lunak


Perangkat lunak 
perangkat lunak (software) adalah sebuah program yang diciptakan manusia untuk membantu kinerja nya dalan penggunaan sebuah kontrol sebuah komputer, perangkat lunak pun di gunakan sebagai program yang membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan nya.
dimanakah perangkat lunak bekerja .?

perangkat lunak berada di tengah tengah di antara user dan hardware dimana perangkat lunak bekerja sebagai jembatan penghubung antara manusia dengan mesin,
di bawah ini akan saya tampilkan diagram perangkat lunak.!

Perangkat lunak di bagi menjadi 2 jenis,
1. perangkat lunak sistem
2. perangkat lunak aplikasi

perangkat lunak  sistem adalah sebuah perangkat lunak yang bekerja pada tengah alur di mana perangkat lunak sistem memberi sebuah fasilitas sumber daya dari semua peralatan (hardware) agar dapat di manfaatkan oleh user yang di mana user memakai perangkat lunak aplikasi untuk mempermudah pekerjaan mereka. contoh program nya adalah : windows, linux, dan aplikasi sitem lainya

sedangkan perangkat lunak aplikasi adalah sebuah program yang berada pada tengah antara user dengan perangkat lunak sistem dan juga hardware program berguna untuk mempermudah pekerjaan manusia atau user, contoh aplikasi nya adalah: ms office, browser, accurate, dann program progam lainya yang membantu manusia menyelesaikan sesuatu.

Device Driver merupakan bagian dari perangkat lunak sistem di mana dia adalah sebuah program yang mengerti bahasa mesin yang tertanam dalam komponen cpu dan terintegrasi satu sama lain dengan perangkat lunak sistem, perangkat lunak sistem mungkin akan sedikit kesusahan bila driver ini tidak ada mungkin juga sistem tidak dapat mengunakan sumber daya hardware.

program utilitas merupakan perangkat lunak yang Menjalankan tugas terkait dengan kontrol dan sumber daya komputer. Bermanfaat untuk meningkatkan fungsionalitas sumber daya yang telah ada atau memberikan layanan baru yang tidak disediakan oleh perangkat lunak sistemnya. Contoh: back-up data, kompresi file, recovery data, mendeteksi masalah perangkat keras, dll.

Fitur antar muka 
Gui (grafikal user interface)
Cui (command user interface)

perangkat lunak memiliki 2 fitur antar muka 
Gui merupakan antar muka yang berdasar pada sebuah objeck atau gambar dan di instruksi dengan klik pada sebuah objek yang terlihat, 
contoh GUI

Sedangkan cui merupakan antar muka yang berdasar pada sebuah perintah di mana semua tindakan berdasarkan perintah tertulis.
contoh cui



source : me and slide from class

Komentar

Postingan Populer