PTI Internet dan World Wide Web

apa yang dapat kalian lakukan dengan internet.?
nah banyak bukan.!

bagaimana cara kita terhubung ke internet.?
ada 3 cara yaitu:

  1. Narrowband : Saluran komunikasi data pita sempit. Modem dial-up dengan bandwith rendah (Koneksi internet melalui saluran telepon).
  2. Broadband: Saluran komunikasi data pita lebar. Koneksi dengan bandwith cepat, mencangkup sejumlah varian koneksi kabel (misalnya: coaxial dan serat optik), DSL (Digital Subscriber Line), satelite, dan Koneksi nirkabel.
  3. Penyedia akses internet (ISP; Internet Service Provider).
Alternatif untuk menambah kecepatan koneksi berkecepatan tinggi:
  • Jalur ISDN (integrated Service Digital Network) ~ 64-128kbps
  • Jalur DSL (Digital Subscriber Line) ~ 1.5-9 Mbps
  • Jalur T1 & T3 ~ 1.5 Mbps & 44.7 Mbps
Koneksi Nirkabel
  1. Satelite Komunikasi - stasiun luar angkasa yang mentransmisikan microwave dari stasiun yang berada di bumi.
  2. Wi-Fi (Wireless Fidelity) - rumpun standar 802.11 yang di buat IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers).
  3. 3G & 4G - Teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan acces point (stasiun yang mengirim dan menerima data 'dari' dan 'ke' jaringan wi-fi) karena menggunakan sistem ponsel.
Bagaimana internet bekerja.? nih ada gamba nya dari perkuliahan :P
  1. Point of Presence (POP) - ISP memberikan POP yaitu access point lokal ke internet berupa sekumpulan modem dan peralatan lain pada sebuah area lokal. POP bertindak sebagai gateway lokal ke jarigan ISP.
  2. Network Access Point - ISP Terhubung ke NAP, sebuah komputer routing pada satu titik di internet tempat berlangsungnya beberapa koneksi.
  3. Backbone Internet - jalur tranmisi berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar yang menggunakan teknologi komunikasi.

World Wide Web
apa itu internet.?
Internet adalah jaringan yang menghubungkan banyak host via protokol, perangkat keras, dan jalur komunikasi. Internet merupakan infrastruktur yang tidak hanya mendukung web, tetapi juga sistem komunikasi seperti email, instant messaging, newsgroup, dan berbagai aktivitas lainnya. Bagian internet yang disebut web adalah teknologi berbasis multimedia yang memungkinkan untuk mengakses informasi.


di update kembali setelah jam paket malam lagi. 
ahirnya ada waktu juga buat update lanjut kembali nih :D
langsung aja deh.

URL (Uniform Resource Location)

url merupan sebuah bagian juga dari World Wide Web dimana url berfungsi sebagai alamat dari sebuah web, untuk menampilkan sebua halaman web kita perlu memanggil sebuah alamat dari web tersebut dan di sana lah kerja dari url kita masukan url alamat dari web yang akan kita buka, maka setelah alamat url di tuliskan dan di akses maka kita bisa melihat dan memanfaatkan web tersebut.

HTTP dan HTML
masih merupakan bagian dari World wide web dimana tanpa kedua komponen ini mungkin World Wide Web tidak mungkin ada pada saat ini.

HTTP atau  (HyperText Transfer Protocol) – merupakan protokol komunikasi yang digunakan untuk mengakses komponen internet yang disebut world wide web. Dokumen hyperteks menggunakan HTML yang menggunakan link hyperteks.

HTML atau (HyperText Markup Language) – merupakan sekumpulan perintah khusus (disebut “tag” atau “markup”) yang dipakai untuk menentukan struktur, bentuk, dan link pada dokumen ke dokumen multimedia lain di web.

Komentar

Postingan Populer